Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Selasa, 06 Desember 2011

Manfaat Akar Alang Alang

Selasa, 06 Desember 2011
Tumbuhan liar ini menyukai tanah yang kering dan banyak mendapat sinar matahari. Tingginya antara 30 - 180 cm. Batangnya padat daunnya seperti rumput. Yang banyak dipakai sebagai obat adalah akarnya.


Suku :
Poaceae
Kandungan & manfaat
Menurunkan panas dan melancarkan air seni karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Selain itu, juga menghentikan perdarahan.
Kegunaan:
Melancarkan air seni
250 g akar alang-alang, sedikit gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit Setelah dingin, disaring, diminum 3x sehari masing-masing 1 gelas.
Kencing batu
100 g akar alang-alang, ½ genggam daun meniran, ½ genggam daun kumis kucing, direbus dengan 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, disaring, diminum 3x sehari, masing-masing 1 gelas, sampai batu keluar.
Hipertensi akibat sakit ginjal
200 g akar alang-alang, sedikit tangkue (manisan dibuat dari labu putih) direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah. Setelah dingin, disaring. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
Radang paru-paru
500 g akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati kering, dan sedikit garam direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Lalu saring Rarnuan ini untuk diminum 2x sehari.
Asma
100 g akar alang-alang, 25 g kencur, 25 g daun sirih direbus dengan 1 ltr air sampai airnya tinggal setengah. Saring, beri 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis Diminum sekaligus saat akan tidur malam.
Mimisan
200 g akar alang-alang dicuci bersih lalu direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas. Setelah dingin, disaring, diminum. Rarnuan ini untuk diminum 3x sehari.
Hepatitis
200 g akar alang-alang dicuci bersih Ialu direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas. Setelah dingin, disaring, diminum. Rarnuan ini untuk diminum 3x sehari.
Prostat
500 g akar alang-alang direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
Diare
250 g akar alang-alang dicuci Ialu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit Sekali minum 1 gelas, segera setelah buang air besar
Keputihan
500 g akar alang-alang, 2 tangkai daun pepaya, 5 g pulasari direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah.

0 comments:

Posting Komentar

 

review sahrul22.blogspot.com on alexa.com